Kesehatan

Wajib Dicoba, Cara Sederhana Menambah Berat Badan Agar Menjadi Ideal

Artikel terkait : Wajib Dicoba, Cara Sederhana Menambah Berat Badan Agar Menjadi Ideal

cara sederhana menambah berat badan. Hanya dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini, berat badan Anda akan bertambah dengan stabil.

Terlalu kurus sehingga tampak kurang sehat? Tak perlu khawatir, ada banyak cara untuk memiliki berat badan ideal, contohnya cara sederhana menambah berat badan berikut ini.

Siapa bilang lemak harus sepenuhnya dihilangkan dari tubuh? Kalau berat badan berlebihan sehingga menyebabkan obesitas, menghilangkan lemak memang wajar. Namun, tidak demikian kalau Anda terlalu kurus—Anda membutuhkan sedikit lemak agar berat badan menjadi ideal. Anda juga perlu melakukan cara sederhana menambah berat badan berikut ini.





Makanan Bernutrisi Tinggi


Pola makan yang sehat adalah kunci untuk mendapatkan berat badan ideal. Artinya, baik terlalu gemuk maupun terlalu kurus, perbaikan pola makan harus segera Anda lakukan. Khusus untuk menambah berat badan, inilah beberapa makanan yang sebaiknya ada dalam menu makanan Anda.

· Daging merah

Kaya akan protein dan zat besi, daging merah adalah jenis makanan yang perlu Anda konsumsi kalau ingin menaikkan berat badan. Bayangkan saja, per 100 g daging merah, terkandung sekitar 20-25 g protein.

Daging merah yang dimaksud adalah daging-daging yang memang terlihat merah, misalnya dari sapi atau kambing. Agar tetap sehat untuk dimakan, buang lemak berwarna putih yang menempel pada daging tersebut. Bagian putih ini sangat tinggi kolesterol dan bisa menyebabkan masalah kesehatan jika dimakan dalam jumlah berlebihan.

· Telur

Seperti daging merah, telur adalah sumber protein—dalam setiap 100 g telur, terdapat 13 g protein. Selain itu, telur juga kaya akan nutrisi lain seperti Vitamin A dan B12, asam amino, kolin, kolesterol baik (HDL), dan mineral.

· Kacang-kacangan

Mengandung banyak nutrisi, lemak, dan serat, kacang-kacangan jadi makanan berikutnya yang bisa diandalkan untuk menambah berat badan. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa Anda makan, misalnya kacang tanah, mete, kenari, pecan, pistachio, dan hazelnut.

· Susu dan keju

Susu whole fat—belum diolah menjadi susu rendah lemak—juga baik untuk menambah berat badan. Selain memiliki kandungan lemak, susu juga kaya akan protein, kalsium, karbohidrat, kalium, fosfor, dan besi. Dibuat dari susu, keju juga memiliki kandungan tersebut. Bedanya, kandungan lemak dalam keju lebih tinggi.

Susu dan keju ini bisa Anda gunakan sebagai pengengkap hidangan lain seperti kue atau haver (oat). Anda juga minum susu sebelum tidur. Selain membuat tidur semakin nyenyak, minum susu sebelum tidur juga efektif untuk menambah berat badan Anda.

Selain makanan di atas, masih ada banyak yang bisa membantu meningkatkan berat badan. Misalnya, buah-buahan seperti alpukat dan pisang, kentang, gandum, dan nasi yang tinggi karbohidrat.

Sering Makan

Selain memilih jenis makanan yang tepat, Anda juga perlu makan minimal tiga kali sehari. Sering-sering makan dengan porsi secukupnya saja memang menjadi salah satu cara sederhana menambah berat badan. Jangan sampai Anda makan banyak sekaligus, tetapi hanya satu atau dua kali sehari.

Namun, tak seperti saat sedang diet untuk menurunkan berat badan, porsi makan Anda tidak benar-benar sangat dibatasi. Anda tetap boleh makan lebih banyak, asalkan tidak sampai terlalu kekenyangan. Masalahnya, kalau sampai terlalu kenyang, Anda jadi tidak ingin makan lagi ketika tiba waktu makan berikutnya.

Tidur yang Cukup

Tidur sangat bermanfaat bagi tubuh karena di saat Anda tidurlah, sel-sel tubuh memperbarui diri. Tubuh juga menetralkan zat tidak baik yang ada di tubuh ketika Anda sedang terlelap. Karena itu, tidur yang cukup penting untuk dilakukan ketika sedang ingin menambah berat badan. Tujuannya agar tubuh Anda tetap dalam kondisi prima dan mampu menyerap nutrisi dari makanan Anda.

Selain tidur yang cukup, gaya hidup Anda secara teratur juga harus tetap sehat. Gaya hidup kurang sehat, misalnya terus-terusan makan manis, memang bisa menambah berat badan, tetapi hal tersebut belum tentu sehat. Kalau ingin meningatkan berat badan secara sehat, pastikan gaya hidup Anda secara keseluruhan juga tetap sehat.

Camilan di Antara Waktu Makan

Cara sederhana menambah berat badan berikutnya adalah makan camilan di antara waktu makan. Kacang-kacangan sebagai makanan yang tinggi nutrisi bisa Anda gunakan sebagai camilan. Pilihan lainnya, Anda bisa makan protein bar yang dijual di pasaran atau minum milk shake.

Kalau Anda suka cokelat, pilih camilan satu ini, terutama pada malam hari. Cokelat cukup efektif dalam meningkatkan berat badan—setelah seminggu makan cokelat sebagai camilan, orang sudah bisa melihat kenaikan berat badannya.

Minum Cukup Air

Meminum cukup air ternyata dibutuhkan ketika Anda ingin menambah berat badan. Masalahnya, sekitar 70% orang yang terlalu kurus mengalami kekurangan cairan pada tubuh.

Kalau ada cukup cairan di dalam tubuh, sistem pencernaan Anda akan bekerja dengan baik. Makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat dicerna dengan normal sehingga nutrisinya segera diserap tubuh.

Namun, jangan banyak minum sebelum makan ya. Tujuannya agar tidak cepat merasa kenyang ketika makan. Minum saja ketika sedang makan atau tiga puluh menit setelahnya. Dengan begitu, jumlah makanan yang bisa Anda habiskan semakin banyak.

Banyaknya air yang diminum per hari pun bervariasi karena masing-masing orang memiliki kebutuhan air yang berbeda. Jenis airnya sendiri tidak harus air putih, Anda bisa mendapatkan air dari buah-buahan, teh, kopi, susu, atau sup.

Olahraga Teratur

Olahraga ‘kan membakar lemak, mengapa harus olahraga kalau ingin berat badan naik?

Anda barang kali memiliki pertanyaan demikian. Memang benar olahraga dapat membakar lemak, tetapi olahraga juga bisa membuat tubuh semakin prima. Tubuh yang kondisinya prima biasanya tidak kekurangan berat badan, melainkan sangat ideal. Karena itu, olahraga juga menjadi cara sederhana menambah berat badan yang bisa Anda lakukan.

Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, pilih olahraga yang tepat. Jangan terlalu sering melakukan olahraga yang menurunkan berat badan seperti renang, aerobik, atau lari-lari. Pilih saja latihan beban dan yoga. Olahraga beban akan membantu Anda membentuk otot-otot tubuh—massa otot pun ikut meningkat. Lakukan olahraga ini secara rutin minimal tiga puluh menit per hari.

Selain olahraga beban atau yoga yang telah dijadwalkan, kalau bisa kurangi aktivitas fisik Anda. Kalau terlalu aktif bergerak, lemak di dalam tubuh pun cepat terbakar. Akibatnya, berat badan Anda tidak kunjung bertambah.

Hindari Rokok

Merokok memiliki dampak negatif terhadap kesehatan tubuh Anda. Orang yang terlalu banyak merokok sering kali kurus, apalagi kalau sudah mengalami masalah kesehatan berat seperti kanker atau penyakit paru-paru.

Selain itu, asap rokok juga dapat menurunkan nafsu makan. Kalau Anda makan terlalu sedikit, asupan gizi yang dibutuhkan tubuh pun kurang. Jadi, jauhi kebiasaan merokok ya. Apalagi menghindari rokok juga merupakan cara merawat wajah agar tidak kusam sehingga penampilan luar Anda juga semakin ideal.

Bagaimana kalau yakin apakah Anda terlalu kurus sekarang ini? Coba hitung indeks massa tubuh (IMT) Anda. Kalau IMT Anda lebih rendah daripada batas ideal, berarti Anda terlalu kurus dan perlu menambah berat badan.

IMT ini penting karena terkait dengan kesehatan tubuh. Sama seperti terlalu gemuk yang sering disertai oleh berbagai penyakit, kekurangan berat badan juga bisa menandai adanya penyakit dalam tubuh. Misalnya, anoreksia, bulimia, hipertiroidisme (kecepatan metabolisme tubuh di atas rata-rata), atau infeksi. Karena itu, ayo terapkan cara sederhana menambah berat badan agar menjadi ideal.

Artikel KalenderPos Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KalenderPos