Kesehatan

Cara Merawat Wajah agar Tidak Kusam

Artikel terkait : Cara Merawat Wajah agar Tidak Kusam

Aktivitas di lapangan berdebu dan sarat polusi kerap kali menyebabkan wajah menjadi kusam. Apalagi jika memiliki kulit berminyak. Tidak hanya terlihat kusam, tetapi juga penuh bintik-bintik hitam. Proses pembersihan kosmetik yang kurang sempurna pun bisa menjadi pemicunya.
Namun, semua itu dapat diatasi dengan cara merawat wajah secara teratur. Terutama bagi yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari, perlu perawatan lebih intensif. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak, tips-tips berikut ini!

1. Rajin Mencuci Wajah

Kotoran yang menempel di wajah dapat menutup pori-pori. Jika dibiarkan menumpuk, bisa membuat wajah berjerawat dan kusam. Untuk mencegah masalah tersebut, cucilah wajah menggunakan sabun khusus, minimal dua kali sehari.

Namun, hindari sabun yang memiliki banyak busa dan beraroma harum. Pasalnya, bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Pun sabun harus bebas kandungan sodium laury sulfat. Zat ini tidak membuat wajah cerah, melainkan bertambah kusam.

2. Memakai Produk Sesuai Jenis Kulit

Sebelum membeli produk kecantikan, kenali dulu jenis kulit wajah Anda. Jika cenderung kering, hindari yang mengandung alkohol. Zat ini bisa membuat kulit semakin kering dan kusam. Sebaliknya, kalau berminyak, cari pembersih wajah free oil.

Sebaiknya, gunakan satu merek produk saja. Terlalu sering berganti brand, bisa membuat wajah berminyak dan berjerawat. Selain itu, perhatikan kandungan dalam produk. Jika Anda salah memilih, akan merusak nutrisi penting yang berfungsi mencerahkan wajah.

3. Sebaiknya Tidak Memakai Scrub untuk Kulit Wajah Sensitif

Sabun wajah yang mengandung scrub memang bagus untuk melepaskan sel kulit mati. Zat ini pun mampu mengendalikan produksi sebum sehingga menghilangkan kekusaman. Namun jika diaplikasikan pada kulit sensitif, bisa menyebabkan iritasi. Karena itu, harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memakai scrub.

Hal tersebut juga berlaku dalam cara merawat wajah berminyak dan berjerawat secara alami. Pasalnya, jenis kulit wajah ini lebih rentan terhadap iritasi atau peradangan. Kalau memang harus memakai scrub, cukup seminggu sekali.

4. Menghindari Rokok

Saat merokok, peredaran oksigen tidak lancar. Pasalnya, zat nikotin dan tar bisa mengikat oksigen. Padahal, gas ini dibutuhkan untuk mendukung kinerja sel. Jika aliran unsur O2 terhambat, otomatis proses regenerasi sel kulit mati terhalang. Dampak yang terjadi; wajah menjadi kusam, banyak kerutan, serta terlihat tua.

Jadi, hindari rokok jika ingin wajah bersih dan bercahaya. Baik asap, maupun putungnya, sama-sama merugikan Anda. Untuk mencegah cemaran zat tersebut, kenakan masker saat berada di tempat umum.

5. Bersihkan Riasan Sebelum Tidur

Riasan yang dipakai selama aktivitas di luar bisa menyerap kotoran, debu, dan polusi dari lingkungan. Jika tidak dibersihkan, akan menghambat pergantian sel kulit mati. Akibatnya, wajah terlihat berminyak, kusam, bahkan berjerawat. Kondisi ini semakin parah ketika Anda tidur dengan memakai make up. Saat bangun, mungkin muncul noda hitam di wajah atau kantung mata menghitam.

Dampak yang lebih serius, yaitu radikal bebas terserap ke dalam kulit. Inilah penyebab utama penuaan dini, kerusakan kulit wajah, dan pemicu perkembangan bakteri. Untuk mencegah efek tersebut, bersihkan riasan secara rutin sebelum tidur. Anda bisa menggunakan make up remover, minyak zaitun, atau jojoba oil.

6. Melakukan Meditasi atau Relaksasi Secara Rutin

Kondisi kejiwaan seseorang sangat memengaruhi tindakannya sehari-hari. Ketika ia dalam keadaan stres, semua yang direncanakan pasti berantakan. Mulai dari pekerjaan hingga mengurus diri sendiri. Banyak hal terluput dari perhatian, termasuk soal kecantikan. Dampaknya, kulit wajah tampak kusam dan tidak bercahaya.

Salah satu cara mengatasi stres adalah meditasi. Kegiatan ini bisa dilakukan di tempat mana pun asalkan bersuasana tenang. Anda dapat bermeditasi seminggu sekali. Beberapa lokasi yang dianjurkan untuk meditasi, yaitu kawasan pegunungan, pantai, dan ruangan terbuka di dalam rumah. Kalau sempat, mengikuti kelas yoga pun merupakan solusi terbaik untuk menenangkan jiwa.

7. Menggunakan Pelembap Setiap Hari 

Paparan cahaya matahari bisa membuat kulit menjadi kering. Apalagi jika terlalu lama berada di bawahnya. Secara bertahap, wajah akan terlihat kusam. Untuk mencegah masalah tersebut, gunakan pelembap sebelum beraktivitas. Pelembap berfungsi melindungi kulit, melembapkan, serta memberikan nutrisi.

Pelembap terdiri dari dua macam, yaitu alami dan buatan pabrik kosmetik. Contoh pelembap alami, antara lain mentimun, jeruk nipis, serta bengkuang. Nah, jika ingin memakai moisturizer kimia, harus mengandung petroleum jelly, losion, dan minyak mineral. Lebih baik lagi kalau memakai pelembap yang menyatu dengan tabir surya.

8. Menggunakan Krim Malam

Saat malam hari, produksi air di dalam kulit berkurang. Padahal, air dibutuhkan untuk mendukung regenerasi sel. Jika proses tersebut gagal, wajah tampak kusam keesokan harinya. Ketika itulah, Anda memerlukan krim malam. Oleskan krim ini sebelum tidur supaya kulit tetap lembap.

Selain membantu regenerasi sel, krim malam juga memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Kerusakan ini terjadi karena paparan sinar ultraviolet, residu, atau riasan wajah. Jika rutin menggunakan krim malam, efek negatifnya bisa diatasi. Kulit wajah tetap sehat, berseri, dan lembap sepanjang hari.

9. Tidur Minimal 7 Jam Sehari

Ketika tidur, sel-sel dalam tubuh bekerja untuk membuang racun. Jika kurang tidur, otomatis kinerja sel tidak optimal. Proses detoksifikasi pun terhambat sehingga menghalangi penyerapan nutrisi. Hal itu juga berdampak pada kulit wajah yang terlihat kusam, bernoda hitam, serta muncul tanda-tanda penuaan.

Untuk mencegah masalah tersebut, harus tidur minimal 7-8 jam per hari. Dengan tidur teratur, produksi kolagen berjalan lancar. Jika senyawa ini terbentuk sempurna, wajah Anda terhindar dari kerutan halus ataupun flek hitam. Selain itu, kondisi jiwa menjadi tenang dan segar keesokan harinya.

10. Minum Air Putih Minimal 1 Liter per Hari

Minum teh, kopi, atau soda memang dapat menyegarkan badan. Namun, belum tentu menyehatkan. Apalagi jika terlalu sering dikonsumsi. Dampak yang muncul justru negatif, seperti jerawat, tanda penuaan dini, hingga kulit kusam. Bayangkan, hal tersebut terjadi pada Anda. Pasti sangat mengganggu penampilan.

Lain halnya kalau memperbanyak minum air putih setiap hari. Tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Kondisi ini pun memengaruhi kulit wajah sehingga tampak segar, berseri, serta lembap. Untuk mencegah kulit kusam, minumlah air putih minimal 1 liter per hari. Kemudian, imbangi dengan melakukan olahraga ringan, seperti senam dan jogging.

11. Menggunakan Sunscreen

Tabir surya atau sunscreen merupakan produk kecantikan yang bisa menghalangi masuknya sinar ultraviolet ke dalam kulit. Tekstur sunscreen sangat tipis dan tak terlihat saat digunakan.

Biasanya, sunscreen mengandung SPF (Sun Protection Factor) dengan jumlah bervariasi. Sebagai contoh, kandungan SPF tertulis angka 30, berarti kulit Anda terlindungi 30 kali lipat. Kulit tanpa perlindungan SPF akan terbakar sinar matahari dalam waktu 15 menit. Jika menggunakan SPF 30, proteksi sunscreen bekerja selama 300 menit atau 5 jam.

12. Hindari Membilas dengan Air Panas

Air panas memang bagus digunakan untuk relaksasi. Namun, kurang cocok diterapkan pada kulit wajah. Pasalnya, bisa menghilangkan sebum alami sehingga kulit menjadi kering. Jadi, pakai air dingin atau hangat jika ingin membasuh wajah Anda.

Itulah 12 cara merawat wajah agar tidak kusam. Sejatinya, perawatan harus dilakukan dari dalam dan luar supaya memberikan hasil maksimal. Semoga bermanfaat.

Artikel KalenderPos Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KalenderPos