Kesehatan

Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

Artikel terkait : Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

Siapa bilang perawatan untuk wajah berminyak dan berjerawat itu mahal? Anda hanya perlu menjalani pola hidup sehat dan cerdas dalam memilih produk. Pasalnya, jerawat tidak hanya dipicu kelebihan hormon. Makanan, faktor genetik, dan bakteri pun bisa menyebabkan munculnya benjolan merah di wajah.

Tak perlu khawatir jika jerawat kerap bersarang di wajah. Terlebih bagi perempuan yang akan memasuki siklus menstruasi. Benjolan tersebut pasti muncul sebagai penanda. Asalkan memahami cara merawat wajah, jerawat parah pun bisa diatasi.



Lalu, bagaimana cara merawat wajah berminyak dan berjerawat? Berikut ini ada 12 tips yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak!

1. Bersihkan Tangan Sebelum Menyentuh Wajah

Tangan bisa menyentuh apa pun saat beraktivitas. Mungkin, benda yang tersentuh mengandung banyak bakteri. Saat tangan tersebut mengusap wajah, bakteri akan berpindah ke kulit Anda. Jika kebiasaan ini rutin dilakukan, lambat laun muncul iritasi akibat infeksi bakteri.

Jadi, cuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum menyentuh wajah. Kalau perlu, gunakan sabun antiseptik. Tujuannya untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

2. Menggunakan Produk Khusus Wajah Berjerawat

Sebuah perusahaan kosmetik biasanya tidak hanya membuat satu jenis produk. Mereka pasti mengelompokkan produk berdasarkan tipe kulit. Nah, bagi yang memiliki wajah berminyak dan berjerawat, pilih rangkaian anti-acne. Mulai dari toner, treatment gel, sabun muka, hingga sunscreen.

Hindari menggunakan produk untuk kulit normal atau jenis lain. Pasalnya, bisa meningkatkan produksi minyak di wajah. Jika sebum berlebihan, kondisi jerawat akan semakin parah.

3. Hindari Produk Pencerah atau Pemutih Wajah

Memiliki kulit putih dan bercahaya merupakan impian sebagian orang. Berbagai cara dilakukan, termasuk menggunakan krim pemutih wajah. Namun, produk tersebut tidak boleh diaplikasikan pada wajah berjerawat. Kandungan tertentu di dalam krim pemutih bisa membuat jerawat semakin parah.

Jika ingin memutihkan wajah, hilangkan dulu jerawatnya. Anda bisa memakai produk buatan pabrik kosmetik atau bahan-bahan alami. Sebagai contoh, menggunakan masker mentimun, madu, dan kopi bubuk.

4. Mencuci Muka Dua Kali Sehari

Polusi, kotoran, dan debu kerap kali menerpa wajah saat beraktivitas sehari-hari. Meskipun berada di ruangan tertutup, benda tersebut masih bisa mencemari. Apalagi jika aliran angin mengarah pada lingkungan tempat tinggal Anda. Tentu peluang kontaminasinya lebih besar.

Supaya kulit berjerawat tidak semakin meradang, bersihkan wajah minimal dua kali sehari. Namun, jangan sembarangan memilih sabun. Anda harus memakai sabun khusus wajah berminyak dan berjerawat. Pastikan cara menggunakannya tepat sehingga seluruh kotoran bisa terangkat.

5. Jangan Memencet Jerawat

Jerawat yang menempel di wajah memang menimbulkan rasa gatal. Apalagi kalau nanahnya belum terlihat. Tangan selalu ingin menggaruk bintik-bintik merah tersebut. Namun, tindakan itu bisa memperparah kondisi jerawat. Tidak menjadi sembuh, melainkan semakin meradang.

Kalau sudah meradang, jangan memencetnya. Hal yang perlu diingat; tangan kerap kali menjadi sarang kuman dan bakteri. Lebih baik redakan rasa gatal atau nyeri pada jerawat dengan menggunakan sabun wajah.

6. Hindari Bedak Padat

Untuk membuat kulit wajah terlihat sempurna, para perempuan sering kali memakai bedak. Mereka yang memiliki pori-pori besar lebih suka menggunakan bedak padat. Pasalnya, tekstur bedak padat sangat halus, rapat, dan bisa menutupi kekurangan sekecil apa pun. Bahkan, noda hitam dapat tertutupi dengan sempurna.

Namun, bedak padat tidak boleh diaplikasikan pada wajah berjerawat. Lebih baik gunakan bedak tabur dengan tekstur ringan. Kalau bisa, carilah bedak tabur yang mengandung asam salisil, sulfur, dan zat penyembuh jerawat lainnya.

7. Pakai Pelembap Free Oil

Pelembap tidak hanya dibutuhkan kulit normal atau kering. Produk ini juga perlu diaplikasikan ke kulit berjerawat dan berminyak. Sebaiknya, pilih pelembap yang bebas minyak supaya mengurangi produksi sebum. Selain free oil, pastikan mengandung SPF. Dengan demikian, kulit wajah pun terlindungi dari paparan ultraviolet.

Kriteria lain untuk pelembap wajah berjerawat, yaitu mengandung salicylic acid. Zat tersebut mampu mengurangi peradangan pada jerawat. Kalau ingin pelembap tahan lama, carilah yang water resistant. Meskipun terkena air, krimnya tidak hilang.

8. Minum Air Putih Minimal 8 Gelas

Apakah Anda pernah merasakan dehidrasi? Dehidrasi merupakan pertanda kurang minuman air putih. Efeknya tidak hanya memengaruhi kinerja sel, tetapi juga kecantikan kulit. Terlebih sebagian tubuh mengandung 80% air. Tentu air menjadi unsur vital yang menentukan kondisi kesehatan.

Minum air putih minimal 8 gelas per hari dipercaya mampu menuntaskan masalah jerawat. Secara bertahap, benjolan merah tersebut akan hilang. Bahkan, air putih bisa melembapkan kulit secara alami. Selain itu, proses regenerasi sel dapat berjalan lancar dengan dukungan air putih.

9. Mengurangi Konsumsi Cokelat

Cokelat berasal dari biji kakao dengan tekstur lembut dan rasa manis legit. Namun, Anda harus mengurangi konsumsi makanan ini saat wajah berjerawat. Pasalnya, cokelat mengandung lemak dan gula. Jika dikonsumsi berlebihan, bisa memperparah benjolan.

Lemak yang berasal dari cokelat akan menumpuk di lapisan kulit. Penimbunan tersebut menyebabkan produksi hormon androgen meningkat. Ketika hormon ini bertambah, jumlah sebum pun semakin banyak. Akibatnya, jerawat kian meradang. Jadi, sekali lagi, kurangi konsumsi cokelat untuk menghilangkan jerawat.

10. Menggunakan Masker Mentimun Secara Teratur

Mentimun merupakan buah yang mengandung banyak air. Biasanya, dibudidayakan di daerah tropis. Selain sebagai bahan sayur, mentimun juga bisa dijadikan masker. Kandungan nutrisi dalam buah ini cukup tinggi sehingga mampu melembapkan sekaligus menghaluskan kulit.

Masker mentimun bisa digunakan seminggu dua kali untuk kulit berminyak dan berjerawat. Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Pertama, buatlah irisan mentimun berbentuk lingkaran. Kemudian, oleskan ke wajah hingga terasa basah. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, basuh menggunakan air hangat.

11. Rajin Berolahraga

Sebuaha pepatah mengungkapkan, bahwa di dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang kuat. Hal ini agaknya selaras dengan pola hidup untuk merawat wajah berjerawat. Jika rajin olahraga, pikiran menjadi lega. Anda pun merasa lebih tenang dan terhindar dari stres.

Ketika Anda bebas dari stres, sel di dalam tubuh bisa bekerja optimal. Dengan demikian, proses regenerasi kulit mati berjalan lancar. Selain itu, keringat yang keluar saat berolahraga mampu membuang racun. Termasuk racun penyebab jerawat.

12. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran merupakan sumber makanan bernutrisi lengkap. Vitaminnya sangat baik untuk merawat kulit berjerawat dari dalam. Beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi, antara lain wortel, kentang, pepaya, ubi, dan avokad.

Untuk mengurangi peradangan, Anda bisa mengonsumsi buah apel. Selain mengandung vitamin C, zat asam di dalamnya mampu mengatur pH kulit. Dengan demikian, warna merah pada jerawat berkurang secara bertahap.

Itulah ulasan mengenai cara merawat wajah berminyak dan berjerawat secara alami. Jika jerawat sudah sembuh, Anda bisa mencari cara memutihkan wajah dengan cepat. Misalnya, memakai produk pemutih buatan, masker buah, atau ramuan bahan natural lainnya. Semoga bermanfaat.

Artikel KalenderPos Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KalenderPos